Selama 11 hari perhelatan GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang, Astra Financial catatkan nilai transaksi Rp2,53 triliundengan kenaikan transaksi sebesar 4,70% dibandingkan GIIAS tahun lalu.

 

 

JAKARTA, 29 Juli 2024 – Penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada tanggal 18-28 Juli 2024 telah usai dan sukses menarik perhatian para pecinta otomotif. 

 

Pada GIIAS 2024, Astra Financial sebagai platinum sponsor bersama sepuluh unit bisnisnya berhasil melampaui target dengan nilai transaksi yang dibukukan mencapai Rp2,53 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 4,70% dibanding tahun sebelumnya. Adapun jumlah pencapaian penyaluran tercatat sebanyak 6.780 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk roda empa dan roda dua.

 

Tahun ini merupakan tahun keenam secara berturut Astra Financial bertindak sebagai sponsor platinum di perhelatan GIIAS sejak tahun 2018. Sepuluh unit bisnis dari Astra Financial yang hadir mendukung GIIAS 2024, yaitu FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa dan Bank Saqu hadir dengan kinerja yang memuaskan.

 

Suparno Djasmin selaku Director-in-Charge Astra Financial menyampaikan: “Astra Financial berkomitmen untuk ikut mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional melalui keterlibatan sebagai platinum sponsor di GIIAS 2024. Sebelumnya, kami menargetkan nilai transaksi yang setidaknya sama dengan tahun lalu sebesar Rp2,80 triliun untuk GIIAS Tangerang dan Surabaya. Sampai penutupan acara di Tangerang nilai transaksi yang diraih telah mencapai Rp2,53 triliun atau melebihi 100% dari target yang dicanangkan sebesar Rp2,30 triliun.”

 

Tan Chian Hok selaku Project Director Astra Financial GIIAS 2024 mengungkapkan: “Pencapaian transaksi tersebut tentunya tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial. Hal tersebut juga didorong oleh beragam promo menarik yang dihadirkan sebagai upaya memudahkan pengunjung GIIAS 2024 untuk memiliki kendaraan impiannya.”

 

Promo yang ditawarkan antara lain dari ACC & TAF untuk pembiayaan kendaraan roda empat, FIFGROUP untuk pembiayaan kendaraan roda dua, dan proteksi kendaraan dari Asuransi Astra serta proteksi jiwa dari Astra Life. Didukung oleh layanan keuangan digital SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa, dan Bank Saqu yang juga turut memberikan program khusus untuk memberikan kemudahan bertransaksi selama GIIAS 2024. Selama 11 hari penyelenggaraan GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang, seluruh bisnis unit Astra Financial mampu menunjukkan kinerja yang prima.

 

Bisnis Pembiayaan Roda Empat

Transaksi untuk roda empat yang dicatatkan Astra Financial melalui ACC dan TAF pada GIIAS 2024 meningkat sebesar 4,80% secara tahunan menjadi senilai Rp2,47 triliun dari 6.210 SPK dibanding GIIAS tahun lalu. 

 

Berdasarkan transaksi yang terjadi di Astra Financial selama pelaksanaan GIIAS, Tangerang, komposisi pembiayaan yang paling banyak adalah permintaan untuk kendaraan roda empat Internal Combustion Engine (ICE), yakni sebanyak 4.865 unit atau 78,34%.

 

Kemudian peringkat kedua disusul oleh mobil Hybrid Electrical Vehicle (HEV) sebanyak 1.261 unit, atau 20,31% dan ketiga adalah mobil Battery Electrical Vehicle (BEV) sebanyak 84 unit atau 1,35%.

 

Bisnis Pembiayaan Roda dua

Sementara itu, transaksi untuk sepeda motor Honda yang dilakukan oleh FIFGROUP di GIIAS 2024 mencapai Rp12,42 miliar. Dari sisi jumlah unit yang dibiayai hampir sama dengan capaian tahun lalu, yakni dari 567 unit menjadi 570 unit atau meningkat 0,50%.

 

Bisnis Asuransi

Pada proteksi kendaraan Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai pada perhelatan GIIAS 2024 mencapai Rp2,78 miliar. Angka tersebut naik 21,40% dibanding GIIAS 2023 yang tercatat senilai Rp2,28 miliar.

 

Sedangkan untuk proteksi jiwa, Astra Life membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp27,01 miliar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp26,68 miliar atau meningkat 1,20%.

 

Bisnis Keuangan Digital

SEVA sebagai platform pencarian mobil yang menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen berhasil mencatatkan 4.567 Instant Approval atau meningkat 16.9% dibanding tahun lalu.

 

Sementara dukungan transaksi keuangan digital dari AstraPay juga mencatatkan lebih dari 29.000 transaksi, jauh melampaui target dengan pencapaian sebesar 182%. Nilai transaksi tersebut mencapai Rp3,43 miliar atau meningkat 154,07% dibanding tahun lalu senilai Rp1,35 miliar.

 

Selain itu, Maucash yang bergerak dalam bidang fintech P2P Lending berhasil mencatatkan 655 leads prospect collected dengan disburse Rp121 miliar, di mana angka ini 22% lebih tinggi dibandingkan tahun 2023

 

Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mencapai angka yang baik di perhelatan GIIAS 2024. Jumlah registrasi akun baru telah mencapai 3.572 akun atau naik 106,0% dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.734 akun.

 

Selain itu, pendatang baru di bisnis Bank Digital dalam perhelatan GIIAS 2024, Bank Saqu, juga mencatatkan respon yang positif. Tercatat sebanyak 13.303 transaksi terbentuk dengan pencapaian target sebesar 190,0%.

 

Astra Financial Hadirkan Pengalaman Digital Baru di GIIAS 2024

 

Perhelatan GIIAS tahun ini terasa berbeda dengan hadirnya astrafinancialevent.com. Website ini menawarkan pengalaman baru dimana konsumen dari seluruh indonesia bisa mengakses promo-promo GIIAS dan menikmati keseruan booth Astra Financial meskipun tidak hadir di ICE, BSD, Tangerang dengan promo GIIAS dari Astra Financial bisa dinikmati oleh seluruh konsumen dengan mudahnya. 

 

Selama 10 hari pameran berlangsung terdapat 20.579 potensi konsumen yang tertarik pada promo Astra Financial, di mana 62% ketertarikan pada produk otomotif baik 4W maupun 2W termasuk asuransi kendaraan dan jiwa terkait dengan kendaraan, dan 38% menunjukkan ketertarikan pada produk lifestyle seperti AstraPay, Bank Saqu, Maucash, dan Moxa. 

 

Astrafinancialevent.com selama 10 hari telah diakses oleh 596.392 pengunjung dari seluruh Indonesia dan menjangkau lebih dari 22 juta impresi, membawa masyarakat semakin mengenal produk-produk unggulan dari Astra Financial.

 

Aktivitas Keberlanjutan di Booth Astra Financial

 

Astra Financial berupaya untuk terus bertumbuh baik secara portofolio bisnis dengan memperhatikan sisi keberlanjutan, dengan turut mendukung capaian Sustainability Aspirations Astra 2030, serta mendukung program pemerintah untuk Net Zero di 2060 atau lebih cepat.

 

I Care I Share mengajak pengunjung GIIAS 2024 mendukung pendidikan dengan menggalang donasi lewat kampanye Add Yours yang diikuti lebih dari 8.000 pengguna Instagram. Kampanye ini berhasil menginspirasi ribuan orang untuk ikut serta, dengan setiap partisipasi pengguna di Instagram dikonversikan menjadi donasi untuk pendidikan.

 

Total donasi sebesar Rp167 juta, yang sesuai dengan ulang tahun Astra yang ke-67, diserahkan secara simbolis kepada Sekolah MI Raudatul Anwar untuk renovasi sekolah, beasiswa, dan bantuan operasional sekolah lainnya. Penyerahan donasi ini dilakukan di main booth Astra Financial Hall 7, ICE BSD, Tangerang (26/07). 

 

Sejak menjadi sponsor utama di GIIAS, Astra Financial telah secara konsisten menjalankan program I Care I Share dengan berbagai inisiatif keberlanjutan. Pada tahun 2023, Astra Financial bekerja sama dengan Jejakin, sebuah perusahaan teknologi iklim, untuk menanam 1.000 pohon sebagai bagian dari upaya manajemen karbon.

 

Pada tahun 2019 hingga 2022, fokus program ini adalah untuk membantu UMKM disabilitas dengan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah yang dikelola oleh teman-teman penyandang disabilitas. Setiap tahunnya, Astra Financial mengalokasikan dana sebesar Rp100 juta untuk pengembangan UMKM tersebut.

 

Dengan visi untuk menjadi mitra bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, Astra Financial berharap dapat terus menginspirasi dan memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

 

Astra Financial di GIIAS 2024 Surabaya

 

Melanjutkan antusias dalam mendorong industri otomotif Indonesia, Astra Financial serta sembilan unit bisnisnya juga akan hadir pada rangkaian GIIAS selanjutnya, yakni GIIAS Surabaya pada tanggal 28 Agustus – 1 September 2024.

 

Astra Financial sebagai Sponsor Platinum GIIAS 2024 berharap melalui layanan yang disediakan tidak hanya mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia, tetapi juga  mendukung literasi keuangan yang menjadi langkah yang baik dalam upaya peningkatan inklusi keuangan Indonesia.

SHARE

Other News

  • Published On: August 20, 2024
    Laba Bersih Astra Financial Naik 8% di Semester I 2024
    3 min read
  • Published On: August 13, 2024
    Melanjutkan Kesuksesan di GIIAS Tangerang, Astra Financial Hadirkan Penawaran Menarik di GIIAS Surabaya 2024
    6.1 min read
  • Published On: July 17, 2024
    Siap Sambut Pengunjung GIIAS 2024, Astra Financial Hadirkan Layanan Keuangan One Stop Solution
    4.3 min read
  • Published On: July 8, 2024
    Astra Financial Perkuat Komitmen Dukung Industri Otomotif dengan Platinum Sponsor GIIAS Ke-6 Kali
    7 min read